Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Negeri 1 Sadananya Periode 2022-2023, Sebagai Pembelajaran Demokrasi Bagi Generasi Penerus

oleh -219 Dilihat

Sadananya – Ciamis, tabloidpersada.com

Bertempat di lapangan SMP Negeri 1 Sadananya Kab. Ciamis, Jum’at, 11 November 2022 telah berlangsung Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua serta pengurus OSIS SMP Negeri 1 Sadananya Periode 2022 – 2023. Acara yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi, guru, staf TU dan orang nomor satu di sekolah itu yakni Kepala SMPN 1 Sadananya, Amar, S.Pd, M.Pd tersebut berlangsung lancar dan kondusif.

Foto : Simulasi Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua & Wakil Ketua OSIS SMPN 1 Sadananya

Ketua Pelaksana kegiatan, Jajang Irwan S.Pd, dalam sambutannya mengatakan, “tujuan diselenggarakannya pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMPN 1 Sadananya periode 2022-2023 ini adalah untuk memberikan pembelajaran tentang berdemokrasi kepada para generasi penerus bilamana nanti mereka menjadi pemimpin di masa depan”, ujarnya.

“Dengan simulasi seperti pelaksanaan memilih presiden, gubernur, bupati dan kepala desa ini, lanjut Jajang, sekaligus ingin mengedukasi kepada para peserta didik SMP Negeri 1 Sadananya agar lebih mengenal tentang tata cara pemilihan secara langsung atau demokrasi seperti sekarang ini. Karena secara status dan usia, pelajar belum masuk kategori hak pilih karena itu kami ingin mengenalkan sekaligus memberikan pembelajaran demokrasi kepada seluruh siswa-siswi SMPN 1 Sadananya Kab. Ciamis”, tandas Jajang.

Foto : Kepala SMPN 1 Sadananya Bapak Amar, S.Pd, M.Pd saat memasukan surat suara ke kotak suara diikuti Pak Efendi, S.Pd serta Ketua Pelaksana Jajang Irwan, S.Pd 

Pada kesempatan itu, Jajang Irwan, S.Pd juga menyampaikan terimakasih kepada Bapak Kepala SMP Negeri 1 Sadananya yang telah memberikan ijin untuk pelaksanaan pemilihan Pengurus OSIS Periode 2022-2023, termasuk juga kepada para guru dan staf TU yang telah memberikan ide serta gagasannya dan kepada seluruh pengurus OSIS yang telah bekerjasama tanpa pamrih sehingga acara ini bisa terlaksana dan berjalan dengan sangat baik”, tandasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Sadananya Amar S.Pd, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Panitia Penyelenggara, juga kepada para guru dan staf TU termasuk pengurus OSIS lama dan yang terpilih. “Alhamdulillah kita telah melaksanakan salah satu agenda kegiatan yaitu memilih pengurus OSIS masa bakti 2022-2023”, kata kepsek.

Foto : Dari kiri – Ketua Pelaksana Kegiatan, Jajang Irwan, S.Pd, Wakasek Humas Dedi Nata, S.Pd bersama para guru SMP Negeri 1 Sadananya Kabupaten Ciamis

Sesuai dengan program kesiswaan bahwa di sekolah itu organisasi yang resmi dan diakui hanya satu yaitu Organisasi Siswa Infra Sekolah (OSIS). Bahwa dalam setiap tahun dilaksanakan kegiatan suksesi atau periodisasi kepengurusan. Pemilihan ini, lanjut kepsek, merupakan demokrasi seperti halnya pemilihan langsung seperti memilih kepala desa, bupati, gubernur dan bahkan presiden. Dan untuk anak anak kelas VIII agar mempersiapkan diri untuk menjadi generasi penerus di periode yang akan datang sehingga keberlangsungan organisasi ini bisa terus berjalan bahkan berkembang secara berkualitas dan kwantitas khususnya di SMPN 1 Sadananya ini”, imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga, Kepsek Amar, S.Pd, M.Pd mengucapkan terimakasih kepada seluruh pembina OSIS yang telah mengatur segala sesuatunya sehingga acara tersebut bisa berlangsung dengan aman dan kondusif. “Maaf jika dalam memfasilitasi masih banyak kekurangannya namun kita berharap untuk pelaksanaan kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi”, ucapnya. Dan kepada pengurus OSIS yang lama, kami haturkan terimakasih atas baktinya karena kalian adalah tulang punggung kegiatan di sekolah ini yang kelak akan diamalkan pada kehidupan berikutnya sebagai penerus yang berkualitas serta kepada pengurus OSIS yang baru, kami ucapkan selamat semoga dapat bertanggung jawab dalam tugas dan kegiatannya di sekolah sebagaimana visi dan misi yang diemban demi meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang lebih baik lagi”, pungkas Kepsek Amar, S.Pd, M.Pd seraya membuka secara resmi pelaksanaan pemilihan Pengurus OSIS Periode 2022-2023.

Adapun keempat pasangan calon (paslon) dari Nomor Urut : 1. Nazwa Nurul Alviah kls.VIII C & Nindya kls.VIII F, 2. Dede Ulfah kls.VIII E & Tiara Kesya kls.VIII F, 3. Fazriah Zulmi kls.VIII C & Kharisma kls.VIII A. dan 4. M. Riki kls.VIII D & Fitri Ramadhani kls.VIIA F memperkenalkan diri sekaligus memaparkan visi dan misi serta strateginya untuk para pendukungnya.
Selain itu juga dilakukan tanya jawab seputar visi dan misi kepada para paslon pengurus OSIS baru dan yang menarik perhatian adalah ada salah seorang guru yang bertanya kepada keempat pasangan calon dengan menggunakan bahasa Inggris yang kemudian di jawab oleh para paslon pengurus OSIS tersebut dengan fasih dan tanpa hambatan.

Puncak acara, dilakukan pencoblosan suara yang diawali oleh Kepsek Amar, S.Pd, M.Pd, diikuti oleh guru Pembina Pramuka Efendi, S.Pd dan Ketua Pelaksana Kegiatan Jajang Irwan, S.Pd serta guru dan staf TU lainnya termasuk para OSIS sebanyak 534 orang. Hingga dilakukan perhitungan suara dan keluar sebagai pemenang oleh paslon nomor urut 4 yaitu M. Riki dan Fitri Ramadhani.

Di sela acara, Wakasek Humas SMPN 1 Sadananya Dedi Nata, S.Pd saat diwawancara reporter tabloidpersada.com mengungkapkan harapannya agar dengan diselenggarakannya pesta demokrasi di acara pemilihan Pengurus OSIS baru SMPN 1 Sadananya periode 2022-2023 ini kedepannya bisa mengenal dan melaksanakan demokrasi di usia hak pilihnya. “Jangan lupa, satu suara menentukan satu tahun kedepan”, tandas Dedi Nata, S.Pd.

Di akhir acara, Pembina OSIS 2 (para wakil pembina OSIS SMPN 1 Sadananya) pada reporter tabloidpersada.com mengatakan, keberadaan OSIS dengan kepengurusannya bukan sekedar untuk mengikuti “trend” dan gaya-gayaan belaka. Akan tetapi, terpilihnya ketua dan wakil ketua OSIS beserta perangkatnya, jelas akan memikul amanah yang harus dijunjung tinggi. Apalagi pemilihan ketua dan wakil ketua ini, dilakukan dengan menganut azaz demokrasi di mana para kandidat terlebih dahulu menyampaikan visi dan misinya di hadapan warga sekolah. Dan “Janji kampanye” yang disampaikan pun layaknya janji wakil rakyat yang dituntut perwujudannya”, pungkasnya.***

Reporter Liputan : Irfans Hasanudin
Editor : Irfans. H

VIDEO : “Simulasi Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua & Wakil Ketua OSIS SMP Negeri 1 Sadananya Kab. Ciamis, Sebagai Bentuk Pembelajaran Demokrasi

No More Posts Available.

No more pages to load.