Pemkab Garut Bentuk Talent Pool Jaring PNS Berkualitas Untuk Mengisi Jabatan Administrator

oleh -349 Dilihat

GARUT, tabloidpersada.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menerapkan sebuah pola guna mendukung merit sistem dengan membentuk talent pool untuk menjaring Pegawai Negeri Sipil (PNS) berkualitas, yang nantinya akan mengisi jabatan administrator di lingkungan Pemkab Garut.

“Sekarang itu dibuka talent pool talent pool itu dalam rangka merit sistem, jadi dia itu punya kemampuan ahlinya ahli (apa) nanti dikasih (posisi sesuai keahliannya),” ujar Bupati Garut, Rudy Gunawan, kepada awak media seusai memberikan arahan dalam Apel Bersama Peserta Asesmen Calon Administrator, di Lapang Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum’at (26/8/2022).

Melalui merit sistem dengan skema talent pool ini, imbuh Rudy, nantinya diharapkan pejabat yang mengisi posisi jabatan administrator akan sesuai dengan latar belakang pendidikan yang diampunya ketika menjalani jenjang S-1 ataupun S-2nya dulu.

“Kan sekarang mah ada yang tadi orang ekonomi yah ada di protokol gitu kan tidak linier, nah sekarang dimaksudkan linier, nanti ada hasilnya nanti (sekitar) 30 Oktober, jadi misalnya saya ranking ke berapa di Pemda Garut nih, (kalau) pangpinterna golongan 9 atau 7 (atau) 8 itu ada,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, jika dalam skema talent pool ini, nantinya para peserta assesmen calon administrator akan di ranking, dan jika memiliki peringkat di atas atau nilainya bagus, maka memiliki peluang lebih besar untuk mengisi sebuah posisi jabatan administrator yang kosong.

“Merit sistem nanti itu dia punya (peluang) kalau memang (suatu posisi) kosong dia langsung (isi posisi), misalnya (ada) Sekmat yang kosong, maka nu nilai paling tinggi dulu naik, tidak berarti yang golongannya tinggi yang usianya tua, tidak,” tandasnya.

Pada bagia akhir arahannya, bupati meminta kepada 195 peserta assesmen untuk menuliskan dalam selembar makalah berkaitan kompetensi teknis yang dimilikinya.

Berikut Jadwal Asesmen Calon Administrator di Lingkungan Pemkab Garut Tahun 2022 :

1. Pendaftaran dilakukan pada tanggal 8 Agustus s.d. 10 Agustus 2022
2. Penilaian seleksi administrasi dan rekam jejak dilakukan pada tanggal 11 Agustus s.d. 25 Agustus 2022
3. Pengumuman kelulusan seleksi administrasi dan rekam jejak dilakukan pada tanggal 26 Agustus 2022
4. Pembuatan karya tulis dilakukan pada tanggal 29 Agustus s.d. 2 September 2022
5. Pelaksanaan rapat assesment dilakukan pada tanggal 5 September s.d. 9 September 2022
6. Wawancara oleh Tim Penilai Kerja pada tanggal 12 September s.d. 30 September 2022
7. Pelaksanaan tes asesmen kompetensi oleh Asesor SDM pada tanggal 3 Oktober s.d 7 Oktober 2022
8. Pengumuman hasil tes asesmen kompetensi pada tanggal 25 Oktober 2022
9. Rencana penetapan/pelantikan pada tanggal 31 Oktober 2022

#sumber:_diskominfo_garut
(AES)***

No More Posts Available.

No more pages to load.